jump to navigation

Imam Nawawi 19 Juli 2007

Posted by Muslim in Al Kisah, Islam, Kisah, Kisah Islam, Kisah teladan, life, Muslim, Nabawiyah, Sejarah Islam, Shababiyah, Sholeh, Siroh, Siroh Islam, Ulama, Ulama Islam, Wanita Sholeh, www.mediamuslim.info.
trackback

MediaMuslim.InfoImam Nawawi lahir di desa Nawa di daerah khauran sebelah selatan kota Damsyik pada bulan Muharram 131 H. Beliau hidup di kelurga yang sangat menghargai ilmu dien. Alloh Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepada beliau kecintaan kepada ilmu dan hafalan Al quran. Dengan dukungan ayah beliau, imam nawawi memperoleh kemulian besar dalam kehidupan ilmiah.

Imam Nawawi pindah ke Damsyik, tinggal di madrasah untuk menuntut ilmu. Beliau sangat tekun menuntut ilmu agama, hafal ‘at tanbih’ dalam waktu 4,5 bulan, di bulan sisanya di tahun itu beliau menghafal rab’ul muhadzdzab. Beliau belajar ilmu terus menerus hingga menjadi ulama besar dalam fiqh madzhab Syafi’i, dalam bidang hadits dan bahasa.

Imam Nawawi dikenal sebagai seorang alim rabbani, zuhud dalam dunia, wara’ dan beliau hampir tidak pernah berpaling dari ketaatan, kuat dalam amar ma’ruf nahi munkar, menasehati penguasa, tidak takut celaan orang karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Beliau memiliki kedudukan yang tinggi yang dikenal oleh ulama di jamannya. Berkaitan dengan ini Syaikh ibn farh menyatakan bahwa Imam Nawawi memiliki tiga derajat yang satu derajatnya saja sangat berat dicapai oleh orang lain, yaitu ilmu, zuhud dan amar ma’ruf nahi mungkar.

Wafat beliau
Nawawi meninggal pada tanggal 14 Rajab 176 H di Nawa. Umur Imam Nawawi memang tidak panjang, tidak lebih dari 45 tahun, meskipun demikian usia yang tidak panjang itu penuh barakah. Umur yang tidak panjang itu, beliau habiskan untuk ibadah, ketaatan, mengajar dan menulis.

Karya Imam Nawawi
Beliau mewariskan peninggallan yang berharga dalam beragam ilmu-ilmu agama, yang dapat dibaca oleh para penelaah, dan pembaca. Disaat beliau diberi kekuatan pemahaman dalam memahami nash, ilmu fiqh, ushul fiqh, mustholah, bahasa dan bidang ilmu yang lain. Diantara karangan beliau adalah Minhaj fi syarah shahih Muslim, Taahdzibul asma’ waal lughoh, Minhajuj tholibin, Ad daqoiq, Tashhihul tanbih fi fiqhil asy syafi’iyah, Taqrib wa tahsin fi mushtolah al hadits, Riyadhus shalihin min kalamisayidil mursalin dan tulisan-tulisan lain yang masih banyak.

About these ads

Komentar»

1. ev - 29 Januari 2008

Imam Nawawi lahir 131 H, Imam Syafiie lahir 150 H, tapi Nawawi bermazhab Syafii, ga salah tahun kelahiran tuh ?

2. fadhil azri - 5 Maret 2008

ia salah tahun tu…. yang sebenarnya imam nawawi lahir pada 631H dan wafatnya pada tahun 676H…..

wallahua’lam…..

3. Jafars - 31 Mei 2008

Baiknya sebelum menulis artikel diteliti terlebih dahulu saudaraku :)

4. mr.danuri - 5 Juli 2008

enda apa namanya MANUSIA yaa SALAH

5. odhi - 27 Agustus 2008

janganlah menyalahkan yang salah tapi di ingetin kalo itu salah…

6. fadh - 25 September 2008

Buku sumbernya mohon cantumkan

7. jafar shodiq - 23 Oktober 2008

sahabattu salah nulis tolong di edit lagi …dan referensinya di ikutkan… tulisanya udah bagus kok tapi kurang tliti sukron

8. imam nawawi - 19 November 2008

imam nawawi mungkin disangsikan tahun kelahirannya. tapi tak sangsikah kita sebagai pengikut setia beliau?

9. ejan - 26 November 2008

ala…
btol2 la..ne satu btol ni..
uishhhh

10. Nur Asma, S.E., M.M. - 11 Desember 2008

Kalo buat artikel, perjelas dan perbanyak acuannya / daftar pustakanya mas.

Syukron

11. taufik - 17 Maret 2009

Salah satu karya Imam Nawawi adalah Al-Asykar. Ada yang bisa bantu saya untuk mendapatkan bukunya.

12. ricky - 4 Mei 2009

anda menulis artikel imam Nawawi tsb sumbernya dari mana?mana buktinya?

13. Tamjidnor - 17 Mei 2009

Salam! Semoga ada revisi ulang tentang artikel nya. Ditunggu…

14. pitung - 27 Juni 2009

itulah imam nawawi, dengan kemuliaanya krn jatuh cinta sama ilmu. gmn dgn kita. apalagi kalo disebut kader dakwah harus banyak ilmu, bukan kegiatan…..

Allahua’lam Bishowaf…

15. nurulhuda alarbiai - 1 Juli 2009

Assalamualaikum…………… salam ukhuwah ya akhi

16. eko - 27 Juli 2009

imam an nawani itu orang indonesia klee,,dpt dr mn tuh berita d atas,
klo mw tanya langsung k ahlinya sperti ustadz atau kiyai jgn hanya searching d internet aj

17. Aby - 31 Juli 2009

Ass.w.w
Tlg, informasi ttg hizib Imam An-Nawawi

18. Muhammad rizal - 3 September 2009

Mhn dlm menulis artikel ttg biografi ulama hrs dgn hati2 dan teliti dan mhn inayah dan hidayah dr Allah, jgn dgn nafsu. Kitab beliau yg mu’tabar : alMINHAJ, RAUDHATUT THALIBIN, ALMAJMU’, AL ADZKAR, ATTAHQIQ, MINHAJUL QAWIM, SYARAH MUSLIM DLL

19. Muhammad rizal langsa aceh - 3 September 2009

Asslm… Selamat menunaikn ibadah puasa … Salam buat alumni IAIN ARRANIRY FAK. Syari’ah – Jurusn Jinayah wa Siyasah Tahun masuk 1995… Dan kpd para santri Dayah Darul Muta’allimin Kota Langsa. Syukran jazilan…

20. Muhammad rizal langsa aceh - 3 September 2009

Mhn sgra di edit kmbali posting yg keliru ttg tahun kelahiran almukarram Quthbur Rabbani Imam Nawawi Qaddasallahu ‘alaih.

21. Muhammad rizal langsa aceh - 3 September 2009

Asslm..wr.wb. Bagi saudara yg ingin brsilaturrah ktempat saya silakan kunjungi blog yg sedrhana mudah2an lbh menambah ukhuwah : http://zahrahabi.blogspot.com

22. MUHAMMAD RIZAL LANGSA ACEH - 23 September 2009

kepada seluruh shahib2 baik alumni IAIN ARRANIRY BANDA ACEH FAKULTAS SYARI’AH JURUSAN SJS 9SYARI’AH JINAYAH WA SIYASAH) maupun para santriwan/wati ku yang ada di DAYAH DARUL MUTA’ALLIMIN KOTA LANGSA, selamat hari raya idul fitri 1430 H, minal ‘aidin wal fa izin, mhn mf lahir dan bathin. dan khusus kepada pemilik blog wordpress ini terimakasih sebesar2nya krn saya telah menumpang diblog ini JAZAAKUMULLAHU KHAIRAN KATSIIRAN AAMIIIN….

23. geopractice :: Imam Nawawi :: September :: 2009 - 26 September 2009

[…] Sedikit catatan biografi Imam Nawawi di sini -wikipedia, kisahislam. […]

24. ahmed - 15 Oktober 2009

aku ingin minjam bk-2 krgn beliau.siapa yag punya ?ak pinjam

25. rahayu - 21 November 2009

no comment.he is the best.just can say.sukron the info and.see you

26. Syahidun - 17 Mei 2010

Ya betul,tolong kalau menulis artikel ulama besar hati2 mas…
Jangan berhenti belajar dan terus menambah wawasan agar tdk menjadi org yg sesat,dan suka menyesat2kan org beribadah,amien… Yuk nambah wawasan dg belajar kpd Ulama,kiyai/ustadz yg benar2 faham… Trimakasih ya Mas…

27. putri - 26 Juli 2010

apa kisah……

28. al-barbasy - 28 Juli 2010

setahu aya imam nawawi itu julukannya albantani……..

29. MUHAMMAD RIZAL LANGSA ACEH - 31 Juli 2010

salam buat santri DAYAH DARUL MUTA’ALLIMIN KOTA LANGSA dari Tgk Muhammad Rizal

30. MUHAMMAD RIZAL LANGSA ACEH - 31 Juli 2010

@:al-barbasy: Syekh nawawi albantani itu ulama asal nusantara yg bersal dari banten dan beliau belajar dan mengajar di Mekkah, tp yg dimaksud oleh pemilik web ini (admin) adalah Imam Nawawi Ulama besar , Beliau adalah Yahya bin Syaraf bin Hasan bin Husain An-Nawawi Ad-Dimasyqiy, Abu Zakaria. Beliau dilahirkan pada bulan Muharram tahun 631 H di Nawa, sebuah kampung di daerah Dimasyq (Damascus) yang sekarang merupakan ibukota Suriah.

31. Muslim - 29 Agustus 2010

yang jelas imam nawawi mati dalam usia relatif muda, tapi usia yang singkat tersebt adalah usia yang penuh berkah sehingga belia bahkan ‘tidak mati’ sampai sekarang.
mengenai tahun lahir dan wafat mohon lebih teliti. ada artikel tentang imam nawawi di http://slimsalabim.net/biografi-imam-nawawi/

32. zamahsari - 15 September 2010

kalo di ilmu perawi blog ini termasuk yang rusak dan membahayakan umat, asal buat , ada gak ya blog yang mengumpulkan blog yang ga jelas bikin bingung pembacanya kayak gini, sepele tapi membahayakan, seperti imam bukhari nya blog, karena sering terlihat banyak tulisan yang cuma copy paste. no action talk only. jangan sampai umat banyak yang salah tafsir dan salah pake dalam kehidupan sehari-hari.
dari cilegon dekat dengan tanara – albantani

33. PEMBELA_SUNNI - 25 September 2010

kunjubgi aja…..http://zahrahabi.blogspot.com
mudah2an nambah silaturrahim..

34. Jomblo Sejati - 12 November 2010

Kunjungi blog sehat di wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

35. TAMZIZ - 7 Juni 2011

Subhanalloh..!

36. rusd - 29 September 2011

makasih atas info tentang imam nawawi ini. moga manfaat. mohon ijin juga untuk mengutip. makasih. barakallah.
rusd

37. Syarif Syahab - 3 November 2011

subahanallah semoga dapat memotivasi kita semua

38. anak aceh - 22 Desember 2011

salam ukhuwah buat semua pecinta ahlussunnah wal jama’ah

39. ngandhiem - 7 Maret 2012

whooyyyy ada imam nawawi … ada syekh nawawiiii tolong dibedakan yaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

40. Jari - 16 Agustus 2013

Sangat penting ktab imam Nawawi ini.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: